INSPIRING

LOKASI

JAM

GOOGLE

Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Tata Tertib Guru SMA Darul Falah

Oleh Admin 06-04-2015 22:53:50

TATA TERTIB TENAGA PENDIDIK DAN TATA USAHA

 

  1. A.       KEHADIRAN GURU DAN TU
    1. Guru dan TU wajib memenuhi kehadiran kekurang-kurangnya 95% dari total hari efektif pembelajaran dalam satu tahun pelajaran.
    2. Guru dan TU wajib hadir di sekolah 10 (sepuluh) menit sebelum bel berbunyi (kelas pagi pukul 6.50, kelas siang pukul 12.00, kecuali Jum’at siang pukul 13.20)
    3. Guru dan TU terlambat hadir harus lapor dan menyampaikan alasan keterlambatan kepada petugas piket dan atau kepala sekolah
    4. Apabila guru berhalangan hadir karena sakit, izin, atau ada tugas dinas lain dari kepala sekolah, wajib membuat tugas untuk peserta didik dan menyampaikan pemberitahukan sebelumnya kepada kepala sekolah dan petugas piket, baik melalui surat, sms, atau telepon langsung.
    5. Apabila TU berhalangan hadir, wajib menyampaikan pemberitahukan sebelumnya kepada kepala sekolah dan kepala TU, baik melalui surat, sms, atau telepon langsung.
    6. Dalam hal guru/TU berhalangan hadir karena ada tugas dinas lain, maka ketidakhadirannya dianggap hadir melaksanakan tugas.  

 

B.  DISIPLIN ADMINISTRASI DAN DISIPLIN MELAKSANAKAN TUGAS

  1. Guru dan TU wajib menjaga kehormatan dan wibawa pendidik/lembaga, baik dalam pergaulan dengan sesama guru, kepala sekolah, peserta didik, dan masyarakat, sesuai dengan etika pendidikan dan ajaran Islam.
  2. Guru dan TU wajib memahami kultur pesantren yang berlaku di lingkungan Pondok Pesantren Darul Falah, termasuk hormat dan khidmat kepada Sesepuh dan keluarga.
  3. Guru wajib membuat administrasi pembelajaran dan menyerahkannya kepada kepala sekolah melalui WKS. Kurikulum dan Pembelajaran selambat-lambatnya 2 (dua) minggu setelah proses pembelajaran dimulai.
  4. Guru wajib membuat administrasi penilaian dan melaporkannya kepada kepala sekolah melalui WKS. Kurikulum dan Pembelajaran.
  5. Guru dan TU wajib menerima dan melaksanakan setiap tugas yang diberikan oleh kepala sekolah tepat waktu, dan melaporkannya apabila telah selesai dikerjakan.
  6. Guru dan TU dituntut untuk melaksanakan tugas secara profesional, kreatif dan inovatif demi kemajuan peserta didik dan sekolah.
  7. Bersama wali kelas dan guru BP/BK, guru melaksanakan kegiatan bimbingan karakter disiplin dan akhlak mulia kepada peserta didik
  8. Guru wajib melaksanakan dan membimbing para peserta didik untuk shalat berjama’ah di masjid Darul Falah.
  9. Setiap guru harus mampu mengintegrasikan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan di dalam materi pembelajaran kepada peserta didik.
  10. Guru dan TU wajib mengikuti upacara bendera (bagi yang mengajar pada hari Senin) dan upacara hari besar nasional.
  11. Guru dan TU berperan aktif ikut menjaga dan memelihara kebersihan, kerapihan, keindahan, dan keamanan/kenyamanan sekolah, meliputi: ruang guru, ruang Tata Usaha, ruang Kepala sekolah, ruang belajar, teras, halaman. dan sebagainya.

 

C.   PAKAIAN DINAS

  1. Guru dan TU wajib mengenakan pakaian dinas sekolah dengan senantiasa memperhatikan kerapihan, kebersihan dan kesesuaian dengan etika berbusana yang Islami dan edukatif. Adapun ketentuannya sebagai berikut:
  • Pria                  : - Pakaian seragam harian (PSH), kemeja

    model polos, kemeja berdasi, baju koko

    (khusus hari Jum’at), dan baju batik

    (khusus hari Sabtu).

                                                          - Memakai peci warna hitam.

  • Wanita             : - PSH, dan baju blus model biasa (bukan

    gamis), menutupi pinggul dan paha, dan

    batik (khusus Sabtu).

  - Maksi atau rok panjang sampai mata kaki

     model biasa.

  - Memakai kerudung model biasa.

 

D.  HAL-HAL LAIN

      Mengenai hal-hal lain yang tidak termuat pada tata tertib ini, dibuat pada aturan tersendiri.