INSPIRING

LOKASI

JAM

GOOGLE

Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Sejarah Singkat SMA Darul Falah

Oleh Admin 10-01-2018 06:11:12

SMA Darul Falah, sebelumnya MA Darul Falah terlahir dengan latar belakang sejarah dan gagasan brilian Sesepuh Pondok Pesantren Darul Falah, Syaihuna Almukarom K.H. Asep Burhanuddin, yang menyadari bahwa upaya mendidik dan menceredaskan umat tidak cukup hanya mengandalkan pendidikan di pondok pesantren semata. Selain menguasai ilmu agama Islam, generasi muslim wajib menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi terkini yang akan menjadi wasilah dalam mencapai kemaslahatan hidup baik di dunia dan akhirat. Dengan demikian, mendirikan lembaga pendidikan formal adalah salah satu solusinya.

Tanggal 14 Juli tahun 1991, merupakan awal tonggak sejarah lahirnya SMA Darul Falah. Dengan semangat dan paradigma baru memantapkan tekad dengan visi mewujudkan SMA Darul Falah sebagai satuan pendidikan yang mampu mencetak sumber daya muslim yang berakhlak, berilmu amaliah dan beramal ilmiah. Setelah tiga tahun berjuang, pada tahun 1993, SMA Darul Falah mendapatkan pengakuan secara sah dari pemerintah, dengan terbitnya Surat Izin Operasional Nomor: 750/I 02/Kep/E/1993, dan pada tahun 1997 telah diakreditasi dengan status “Diakui”, sehingga pada tahun berikutnya, yaitu tahun 1998 untuk pertama kalinya SMA Darul Falah dapat melaksanakan EBTA/EBTANAS Mandiri.

Era tahun 2004, merupakan periode yang sangat penting dalam kiprah perjalanan SMA Darul Falah (pada saat itu bernama SMU Darul Falah). Periode ini merupakan awal kebangkitan dan awal tumbuh kembangnya kepercayaan masyarakat. Salah satunya adalah terwujudnya cita-cita memiliki gedung kampus sendiri yang lebih representatif seperti yang bisa dinikmati saat ini. Kondisi ini sebanding lurus dengan peningkatan jumlah siswa yang signifikan, perolehan prestasi yang dicapai para siswa dan guru, baik dari aspek akademik maupun non akademik, peningkatan sarana prasarana belajar, dan peningkatan kualitas tata kelola sekolah yang semakin baik dan kondusif berdampak langsung pada peningkatan motivasi belajar siswa dan etos kerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

Dalam usianya yang mencapai seperempat abad saat ini, SMA Darul Falah semakin matang dan dewasa ditempa oleh pengalaman dan tantangan. Itulah sebabnya SMA Darul Falah berkembang dengan semangat generasi muslim dengan berbekal cita-cita dan pengabdian datang dari berbagai penjuru tanah air. Saat ini, SMA Darul Falah sudah memasuki generasi ketiga, yang memiliki sumber daya yang cukup potensial, dengan jumlah peserta didik sebanyak 1.88 orang siswa, yang terbagi ke dalam 32 rombongan belajar, 71 orang tenaga pendidik (3 orang DPK, 24 GTY, dan 44 GTT), 9 orang tenaga administrasi,  sarana prasarana belajar yang memadai, dan jumlah lulusan sebanyak 2.140 orang yang telah tersebar di seluruh tanah air menjadi kekuatan dan aset yang bernilai tinggi untuk menghadapi perkembangan dan tantangan keadaan zaman yang semakin kompetitif.

SMA Darul Falah secara progresif senantiasa responsif terhadap tuntutan perkembangan tersebut dengan  terus meningkatkan kualitas seluruh aspek layanan pendidikan dan pembelajaran bagi peserta didik, sehingga mereka mampu membentuk dirinya menjadi pribadi yang lebih unggul, tidak hanya secara intelektual tetapi juga sikap dan perilaku. Hal ini sesuai dengan value kami: Future, Religious, Educative, Smart, and Harmony (FRESH), dan kini kami siap menyongsong hari esok yang lebih baik.